Mengenal Aci di Tatar Sunda

Kuliner / Senin, 17 Oktober 2016 12:53 WIB (MP/man)

Di Tatar Sunda, demikian Jawa Barat disebut, banyak sensasi yang bisa didapatkan dalam hal makanan. Salah satunya Aci. Jajanan yang menjadi kesukaan mereka yang berada di Jabar, termasuk DKI Jakarta dan Banten yang memang tadinya termasuk dalam wilayah Jabar.

Aci bahan bakunya berasal dari tepung tapioka/kanji. Karena kreativitas para pembuatnya bisa dibuat berbagai varian dan disingkat sesuai bentuknya.

Jika aci tersebut digoreng, maka menjadi Cireng. Jika aci dimakan dengan cara dicolok dan dicelupkan ke saus kacang, maka menjadi Cilok. Sedangkan jika aci dimomol (dicomot), maka namanya menjadi Cimol.

Ada juga Cilung alias aci digulung. Cilor: aci telor, Cigor: cilok goreng, Cipuk: aci kerupuk. Singkatan memang mendominasi para makanan ini. Jangan heran jika dikenal pula Batagor alias bakso tahu goreng.

Colenak singkatan dari dicocol enak. Makanan ini makanan ringan yang terbuat dari singkong yang telah diberi ragi, kemudian disajikan dengan saus gula kelapa atau gula aren. Untuk memakannya cukup mencocolkan singkong tadi ke dalam sausnya. Hmmm..... (diy)

 

 

(MP/man)
Sarankan artikel ini

Artikel Terkait Lainnya